Rabu, 05 September 2012

weLcome semesTER baru



http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTfp30HZZCLwFBAhj0UFEYytO5R7R_eVbXGaqci91Hn3yJf-nr4mHGFM9x_Wah,,dah lama ne ci ga’ nulis d blog,,maklum lah lagi sbuk2 nya dngan kegiatan kmpus,,hehe,,

Sekarang ci mau nulis tentang cerita ci d kampus sejak semester baru ne (semester 5).Kata orang semester 5 tu semester yg susah sekali peljrannya di jurusan ci,,mm setelah di lewati beberapa bulan ne,,mm blum ada sech keliatan susahnya masing2 matkul,,tapi dilewati aja dulu sampai UTS mudah2an ga’ susah ya,,hehe,,amiin,,..Nah untuk lebih jelasnya seberapa susah sech matkul yang ci ambil di fisika ne,,yuks kita belajar satu persatu:

1. Gelombang dan Optik

Di dalam matkul ini yang dipelajari adalah gelombang dalam ,edium berdimensi lebih dari satu yaitu gelombang datar,gelombang air,persamaan gelombang dan penyelesaiannya dalam koordinat cartesian,bola,dan silinder,refleksi dan refraksi,gelombang stasioner.

Gelombang mekanik transversal,impedansi,refleksi dan transmisi,gelombang diam,dispersi,polarisasi,teknik fourier,modulasi dan lain2.

2. Fisika Eksperimen I

Dalam matkul ini yang akan kita pelajari adalah,Spektrometer optik,interferometri,Karakterisasi sinar x dan koefisien serapan bahan,efek fotolistrik,percobaan frank-heartz,percobaan geiger muller.Dalam matkul ini kita melakukan praktikum tentang subbab diatas.

3. Fisika Inti

Dalam matkul ini yang dipelajari tentang sifa – sifat inti,model – model inti,gaya inti,radioaktivitas,peluruhan alfa,beta dan fisi juga fusi.

4. Elektromagnet II

Yang kita pelajari dalam matkul ini adalah elektrodinamika,gelombang EM,radiasi Em,dan matkul ini merupakan sambungan dari elektromagnet I.

5. Fisika Komputasi

Dalam matkul ini yang dipelajari tentang akar persamaan,integral numerik,differensial numerik,matrik dan sistem persamaan linier,persamaan differensial biasa,metode beda hingga,persamaan differensial parsial,metoda elemen hingga.Setelah kita mempelajari bab di atas kemudian kita akan melakukan praktikum dengan menggunakan aplikasi komputer yaitu turbo pascal.

6. Pengantar Fisika Material (matkul pilihan)

Dalam matkul ini kita mempelajari tentang struktur bahan material tapi hanya sebagai pengantar.

7. Geofisika Eksplorasi I (matkul pilihan)

Matkul ini mempelajari tentang prinsip – prinsip eksplorasi geofisika,metode geolistrik,metode tahanan jenis,pengolahan data lapangan dan interpretasi serta pemanfaatannya dalam eksplorasi air tanah dan lain – lain.



Nah,,klo dilihat dari subbab –subbab tersebut memang susah – susah ya,,tapi karena kita baru mengetahui istilah2 dari matkul tersebut ya ga’ papa lah klo bilang susah,,mm tapi mudah – mudahan dengan sedang mempelajari satu persatu mudah2an ga’ susah ya dan dapat nilai yang bagus pada semester ini,,hehe,,azza azza fighting!!,,

Sekian dulu ya untuk hari ini mudah2an tulisan ini bermanfaat dan bagi yang belum masuk kuliah mksudnya yang masih SMA yang suka dengan fisika dengan melihat subab yang ci jelaskan di atas mudah2an merasa tertantang untuk masuk di jurusan fisika,,..^^..,,

Gamsahamnida,,lain kali klo ci lagi ga’ sibuk ci akan bahas topik yang lain ya,,,arigatoo,,,sayonara,,annyeong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar